Mesin Pencari

Keanehan Matematika, Bukan Ilmu Pasti

Pernah terpikirkan oleh Anda tentang keanehan Matematika? Yah ada beberapa keanehan Matematika, ternyata Matematika bukan ilmu pasti. Anda mungkin akan bertanya benarkah Matematika bukan ilmu pasti? Aku pernah iseng-iseng ngotak-atik teori matematika dasar dan saya menemukan sedikit keanehan.

Begini, berapakah 1+1 ? Pikirkan baik-baik sebelum anda menjawabnya. Jika sudah, saya yakin anda akan menjawab bahwa 1+1 adalah 2. Tapi dengan menggunakan teori dasar aljabar saya menemukan bahwa 1+1 bukanlah 2 melainkan 1+1 adalah 1. Inilah yang saya maksud dengan Matematika bukan ilmu pasti. Jika Anda yakin angka 2 sebagai jawabannya, mari kita lihat proses perhitungan berikut :

Masih ingat pada hasil perkalian (a+b)(a-b) = (a2-b2), jadi kalau saya ganti b dengan a, sehingga menjadi (a+a)(a-a) = a2 - a2, sekarang mari kita olah.

(a + a)(a - a) = a2 - a2
(a + a)(a - a) = a(a - a), kemudaian kedua ruas dibagi (a - a) hasilnya :
a = a + a, kemudian kedua ruas dibagi a sehingga hasilnya :
1 = 1 + 1

Terbukti bahwa 1 + 1 = 1. Itu baru salah satu keanehan Matematika. Pada postingan berikutnya saya akan memposting berbagai keanehand dan keunikan Matematika. :) Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait



15 comments:

gdenarayana said...

wah, keren nie explore matematikanya kang :D

d'PriNceZs said...

goblok..........
sing nggawe blog bloon......
kog iso a-a sama2 dicoret to???
lha wong hasile a-a=0 kog.....
liaten buktine!!!
4x0=6x0
angka 0 dicoret.
jadi 4=6....
yo kan...........

Ana Privat said...

@kang Nara : iseng doang kang :)

@d'PriNceZs : Ah, Mbak ini, hanya perbedaan cara pandang saja, kok di bilang goblog he..h.e.., tapi g apa2 ding, emang ane g pinter kok jia.ha..h.a..

Tapi kalo diperhatikan lagi, emang ada yang salah langkah2 yang saya tulis?, semua saya kerjakan berdasarkan teori lho. Salam kenal ya. BTW, boleh juga tuh, 4=6 nya he..he.. keren Mba, Mba bisa mengembangkan apa yang saya tulis dengan 4=6 :D.

King Of Math said...

Ta Kembangkan Lagi

x=y =>bilangan asli
x^2=xy
x^2-^2=xy-y^2
(x+y).(x-y)=y(x-y)
x+y=y
y+y=y
2y=y
2=1 hahahaha
Sama triknya kaya yang pertama...

Anonymous said...

yang aneh itu bukan matematikanya tapi orangnya yang ngitung^^ peace

erik said...

clasic fallacy....
salah tuh....
gak boleh dibagi dengan (a - a).
karena kalo dibagi dengan (a-a) sama aja dengan membagi dengan 0.

Anonymous said...

mustinya ini joke matematika. bukan kebenaran matematika..hati hati memberi pengantar, jangan sok mengumbar sesuatu yang salah..

Ade Qomariyah said...

x=y =>bilangan asli
x^2=xy
x^2-^2=xy-y^2
(x+y).(x-y)=y(x-y)
x+y=y
y+y=y
2y=y
2=1

dari awal udah salah....

masa a = b...
kalo a = b ya itu berarti

1 = 2

karean a bisa kita isi nilai sembarang
dan b juga bisa kita isi sembarang...

jadi bukan merupakan keanehan

Anonymous said...

"Tapi kalo diperhatikan lagi, emang ada yang salah langkah2 yang saya tulis?, semua saya kerjakan berdasarkan teori lho. Salam kenal ya. BTW, boleh juga tuh, 4=6 nya he..he.. keren Mba, Mba bisa mengembangkan apa yang saya tulis dengan 4=6 :D."

anda belajar matematika darimana sejak kapan 0/0 = 1

Harun Xtac said...

MUTER - MUTER TER TER TER JADI LIEUR

Anonymous said...

belajar lagi baru tulis disini lagi

Anonymous said...

Ah meng le ra seneng ro matematika :p
#I love MATEMATIKA
#I love FISIKA
#I love KIMIA

kata motivasi terbaik said...

ikut tertawa

Enpiespi Slc said...

Yg ngitung yg aneh mah hhahha

Enpiespi Slc said...

Yg ngitung yg aneh mah hhahha

Post a Comment