Mesin Pencari

Mencari Ide Untuk Menulis Menggunakan Panca Indera

Bagi Anda yang memiliki hobby menulis, terutama bagi bagi para pemilik blog yang harus melakukan update secara berkala, saya yakin Anda sering mengalami masalah dalam mencari ide untuk menulis. Anda bertanya, Bagaimana cara mendapatkan ide untuk menulis? Jawabannya sangat simpel, yakni mengoptimalkan panca indera anda. Panca indera terdiri dari mata, telinga, mulut/lidah, hidung dan kulit.

Indera Penglihatan

Mata adalah indera penglihatan yang merupakan salah satu panca indera yang paling mudah menangkap informasi. Tangkaplah informasi yang anda terima melalui mata Anda, lalu tulislah garis besarnya atau headline dari informasi yang anda lihat, kemudian anda tinggal menulis informasi yang anda terima melalui mata tersebut ke dalam media yang Anda gunakan. Media yang saya maksud bisa buku diary, blog atau media lainnya. Misalnya ketika anda melihat kebakaran tulis hal yang berkaitan dengan kebakaran misalnya kebakaran itu sendiri, atau menulis tentang tips mencegah kebakaran, atau anda juga bisa menulis tentang para pemadam kebakaran yang berjuang mematikan kebakaran. Anda tinggal mengembangkannya sendiri.

Tangkap informasi yang anda terima baik dari MetroTV Online, Koran, kejadian di sekitar Anda, pemandangan, bioskop, lawan bicara, bahkan jika anda melihat bagian tubuh anda sendiri, anda bisa menuliskannya. Mudah bukan? Apa yang akan Anda tulis jika Anda melihat seorang Noordin M Top?

Indera Pendengaran

Telinga adalah indera pendengaran yang juga merupakan alat indera yang mudah menangkap informasi setelah mata. Dengarkanlah informasi yang anda dengar, lalu buatlah poin-poinnya, kemudian anda kembangkan lalu tulis informasi yang anda dengar tersebut ke media menulis yang Anda gunakan. Misalnya anda mendengar informasi dari radio tentang lagu yang sekarang sedang hot, anda bisa menulis tentang penyiar radio, menulis tentang penyanyi lagu yang sedang hot tersebut, atau menulis tentang lagu yang sedang hot, atau anda menulis chord lagu yang lagi hot tersebut, anda juga bisa menulis tentang animo masyarakat tentang lagu tersebut. Apa yang akan Anda tulis jika anda mendengar informasi lowongan CPNS 2010?

Dengarkan informasi dari mana saja baik dari TV, Radio, handphone, burung, kucing, motor, jam, petir, kipas angin, suara gemericik air, pokoknya apa saja yang anda dengar. Anda tinggal menuliskan apa yang anda dengar tersebut ke media menulis yang anda gunakan.

Indera Pengecap

Lidah adalah indera pengecap yang dapat menerima informasi dari apa yang dikecapnya. Setelah Anda menerima informasi dari lidah, tulis poin-poin pentingnya, kembangkan lalu tulis dimedia yang anda gunakan untuk menulis. Misalnya Anda makan buah yang aneh, yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Anda dapat menulis tentang rasa dari buah itu, atau menulis tentang buah itu sendiri, habitat dari buah, harga atau hal lain yang menurut Anda cocok untuk ditulis. Apa yang akan anda tulis jika Anda memakan buah simalakama?

Tangkap informasi yang anda terima dari indera pengecap anda, misalnya rasa air payau, rasa air tawar, rasa air laut, rasa kopi Lampung, rasa pete, rasa jengkol, rasa mangga, rasa jeruk, rasa semut. Setalah anda menangkap informasi tersebut, tuliskanlah dalam media yang anda gunakan untuk menulis.

Indera Peraba

Kulit adalah indera peraba yang dapat menangkap informasi dari apa yang tersentuh. Misalnya ketika anda tak sengaja menyentuh ulat bulu, tulis apa yang pertama kali anda rasakan, tulis tentang ulat bulu, tulis tentang pohon tempat ulat bulu tersebut hidup. Mudah bukan? Apa yang akan anda tulis jika anda menyentuh sesuatu yang bentuknya bulat, halus dan empuk?

Indera pencium

Hidung adalah indera pencium yang dapat menerima informasi dari sesuatu yang tercium. Misalnya ketika anda mencium aroma bunga mawar yang harum, anda dapat menuliskan tentang keharuman bunga mawar, menulis tentang kecintaan anda pada bunga, dan hal lain terkait dengan aroma yang anda cium. Apa yang akan anda tulis ketika anda mencium kabel terbakar?

Nah, biasanya jika anda hanya menggunakan salah satu mata indera saja, informasi yang anda tulis kurang lenkgap. Sebaiknya gunakan kombinasi kelima panca indera Anda. Sebagai contoh jika anda melihat buah kelapa, mata anda akan melihat bentuk dari buah kelapa, telinga anda akan mendengar suara yang berbeda jika anda menepuk-nepuk kelapa muda dan kelapa tua, hidung anda akan mencium bau kelapa, kulit anda akan merasakan kulit kelapa, lidah anda akan merasakan air kelapa dan juga kelapanya. Kombinasikan semua informasi yang anda terima melalui kelima panca indera Anda, lalu mulailah menulis. Semoga bermanfaat.

Dukungan untuk kontes www.gzon.us mencari pemilik. Saat ini kontes www.gzon.us mencari pemilik sudah semakin ramai. Persaingan kontes www.gzon.us mencari pemilik juga semakin ketat. Ada juga sebuah kontes lagi yang juga mendapat banyak perhatian dari para blogger yakni kontes dengan target mengembalikan jati diri bangsa. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment