Mesin Pencari

Mengatasi Anak Yang Malas Belajar

Kita sering mendengar keluhan orang tua yang mengatakan anaknya malas belajar. Bagaimana mengatasi malas belajar pada anak?.Sebagai orang tua kita pasti sering mengalami betapa repotnya dan betapa susahnya mengajak anak belajar. Anak-anak sebagian lebih tertarik pada kegiatan yang bersifat permainan, seperti dance, olah raga, bermain dan lain-lain. Mereka kurang tertarik ketika kita berbicara masalah kegiatan belajar disekolah, menanyakan pr dan sebagainya.

Dibawah adalah hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan semangat belajar pada anak. Ada 10 tips mengatasi anak yang malas belajar.

  1. Ajaklah putra putri Anda berdoa sebelum belajar, ini juga adalah pembelajaran bagi anak bahwa dimanapun dia berada, ada Sang Pencipta disekitarnya.
  2. Biarkan anak mempelajari apa yang dia sukai terlebih dahulu, agar anak tidak merasa berada dalam tekanan.
  3. Berikan motivasi dengan memberikan pujian yang positif seperti, "Ayo anak pinter, kerjakan dulu PRnya", atau kata-kata lain yang sejenis.
  4. Jika Anda sebagai pembimbing anak, berikan soal yang mudah terlebih dahulu, secara bertahap, berikan soal yang lebih sulit.
  5. Berikan reaksi positif setelah anak berhasil menyelesaikan soal yang dihadapinya, misalnya dengan berteriak "Horre...!!" sambil tepuk tangan.
  6. Berikan waktu untuk beristirahat setelah anak terlihat jenuh.
  7. Berikan pemahaman arti pentingnya belajar untuk anak itu sendiri.
  8. Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri, jangan membantu secara langsung, hanya jika diperlukan Anda dapat memberikan clue untuk merangsang otaknya dalam menyelesaikan permasalahan/soal yang dihadapi.
  9. Gunakanlah alat peraga yang baik untuk menjelaskan pelajaran untuk anak.
  10. Jangan menjanjikan sesuatu untuk anak. Misalnya begini, "jika kamu dapat 10 maka kamu akan Mama belikan sepatu baru", sekali lagi jangan. Karena cara ini hanya akan membuat anak belajar dengan imbalan. Sebaiknya buatlah kejutan untuk anak Anda, misalnya jika anak Anda mendapat nilai bagus, anda diam-diam membelikannya hadiah.


Itulah tips mengatasi anak yang malas belajar pada anak, terutama yang masih kelas 3 SD ke bawah. Semoga tips sederhana ini membantu Anda dalam membimbing anak anda belajar. Jika Anda mempunyai pengalaman dalam mengatasi anak yang malas belajar, silahkan tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait



3 comments:

Fajar said...

siiip....thanks tipsnya mas...

ajieee said...

saya rasa bangus

ajieee said...

tapi menuru saya harus banyak di rubah itu

Post a Comment