Mesin Pencari

Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Ujian nasional sudah selesai. Saatnya mencari sekolah baru bagi anak-anak kita yang sudah lulus. Memilih sekolah untuk anak kita adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Bagi kita orang tua pasti kita akan memilih sekolah terbaik untuk anak-anak kita. Tapi memilih sekolah terbaik yang seperti apa sih yang cocok untuk anak kita?.

Tips memilih sekolah terbaik.

1. Tidak membebani anak

Bagi orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Begitu juga dalam memilih sekolah. Terkadang kita berpikir bahwa sekolah terbaik adalah sekolah favorit yang bayarannya mahal, gedungnya bagus, fasilitasnya lengkap dan segudang kelebihan lainnya. Tentu berpikir demikian tidak salah, jika kemampuan anak-anak kita memang mampu. Bukan berarti kita menganggap remeh dengan kemampuan anak kita tapi kita juga harus berpikir dengan 'kepuasan bathin' anak kita. Jangan sampai anak kita merasa terbebani oleh tugas yang menumpuk, kegiatan sekolah yang full sehingga tidak ada waktu untuk bermain, minder karena semakin favorit suatu sekolah, maka semakin banyak saingan. Bagi sebagian anak ini akan menurunkan rasa percaya diri mereka.

Jadi pilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan anak kita. Jangan memaksakan kehendak orang tua hanya karena faktor gengsi atau ego orang tua, maka kita salah memilih sekolah untuk anak kita yang bisa berakibat fatal. Anak justru tidak berkembang. Justru disekolah yang tidak diunggulkan, anak kita bisa berprestasi disana, dan itu akan meningkatkan rasa percaya diri anak-anak kita.

2. Jarak terjangkau

Jangan memilih sekolah yang terlalu jauh dari rumah tinggal kita. Karena hal ini akan menghabiskan banyak waktu anak kita diperjalanan pulang pergi. Bayangkan jika jarak sekolah anak kita harus ditempuh dalam waktu 1 jam, maka untuk pulang pergi waktu anak kita terbuang 2 jam. Selain anak-anak kehilangan waktu bermain, faktor kelelahan juga akan membuat anak-anak kehilangan energi untuk mengulang kembali pelajaran di sekolah atau mengerjakan PR. Jadi pilih sekolah yang jaraknya terjangkau.

3. Biaya terjangkau

Biaya sekolah yang baik bukan sekolah yang mahal. Jadi jangan tergiur dengan biaya bulanan yang mahal, belum tentu pelayanannya sebaik harganya. Sebelum mendaftar, pastikan kegiatan yang diadakan disekolah seperti apa, atau Anda juga bisa menanyakannya ke orang yang tepat.

4. Track Record

Yang terakhir, pilih sekolah yang track recordnya bagus. Karena indikaror track record ini sangat relatif, maka silahkan sesuaikan dengan indikator anda gunakan. Misalnya ada yang menggunakan indikator kelulusan, ada yang menggunakan indikator prestasi sekolah, ada yang menggunakan indikator kesehatan, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips memilih sekolah terbaik untuk anak kita. Sekolah baru, suasana baru, mari kita siapkan mental anak-anak kita menghadapi situasi baru ini. Semoga bermanfaat. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait



2 comments:

dede said...

Tips nya ok kang, jadi pingin sekolah lagi hehee

Fajar said...

nah itu dia mas...sekarang ntu yang termasuk sekolah berkualitas, biayane mahal...ntu trus gimana???

Post a Comment