Mesin Pencari

Matematika Dasar Dari Seluruh Ilmu Pengetahuan

Matematika merupakan dasar ilmu pengetahuan sehingga Matematika biasanya menjadi tolak ukur kemampuan seseorang. Hal ini bukan berarti bahwa seseorang harus menguasai seluruh bab tentang Matematika untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi seseorang harus menguasai prinsip-prinsip dasar Matematika terutama Operasi Matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan dan pengakaran. Bahkan kalau boleh dibilang, di era teknologi seperti sekarang ini, seseorang tidak perlu menguasai dengan mahir operasi Matematika, tetapi hal yang lebih mendasar lagi adalah cara kerja dari operasi-operasi Matematika tersebut.

Tetapi menurut pengamatan kami terhadap beberapa peserta didik di lembaga bimbingan belajar dan privat ANA PRIVAT masih banyak para pelajar tingkat menengah yang belum menguasai prinsip dasar operasi-operasi Matematika. Misalnya apakah sebenarnya penjumlahan dan bagaimana cara kerjanya. Kenapa 2 x 3 = 6? Bagaimana mendapatkan angka 9 dari 3 pangkat 2 dan berbagai operasi dasar lainnya. Jangankan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih banyak yang belum paham. Kapan suatu operasi menghasilkan bilangan negatif misalnya. Kenapa penjumlahan pecahan penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu dan lain-lain.

Kalau dasar-dasar operasi Matematika seperti ini tidak mereka kuasai, maka dapat dipastikan mereka tidak akan menguasai pelajaran eksak dengan baik. Bahkan bukan hanya itu, ilmu eksak juga banyak diaplikasikan dalam ilmu-ilmu sosial. Terutama dalam hal logika penyelesaian suatu masalah. Prinsip dasar operasi-operasi Matematika merupakan hal terpenting dalam mempelajari ilmu pengetahuan. Penguasaan algoritma penyelesaian suatu persoalan Matematika menjadi kunci keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu. Sayangnya banyak orang tua yang tidak menyadari akan bahwa Matematika adalah dasar dari seluruh Ilmu Pengetahuan.

Entah apa yang salah dalam dunia pendidikan kita, saya sendiri masih bingung memikirkan kenapa pelajar tingkat menengah tidak menguasai operasi Matematika untuk tingkat sekolah dasar? Kenapa mereka bisa lulus sekolah dasar? Saya jadi berpikir lebih jauh lagi tentang apa gunanya ujian nasional? Saya tak habis pikir. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait