Mesin Pencari

Teknik Mudah Konfigurasi Elektron Unsur Golongan Utama

Kali ini kita akan membahas tentang cara mudah melakukan konfigurasi elektron atom yakni susunan elektron-elektron dalam kulit atom. Untuk pelajar SMA kimia kelas X, konfigurasi elektron sudah dikenalkan, namun masih sangat sederhana dan hanya digunakan untuk melakukan konfigurasi golongan utama atau golongan A. Konfigurasi elektron golongan utama dilakukan dengan menyusun jumlah elektron per kulit.

Aturan Konfigurasi Elektron Golongan Utama
  1. Jumlah elektron tiap kulit maksimal adalah 2n2
  2. Misalnya : a. Kulit I / Kulit K maksimal hanya boleh mengandung 2 elektron b. Kulit II / Kulit L maksimal hanya boleh mengandung 8 elektron c. Kulit III / Kulit M maksimal hanya mengandung 18 elektron d. Kulit IV / Kulit N maksimal hanya boleh mengandung 32 elektron
  3. Elektron valensi (elektron yang terletak pada kulit terakhir tidak boleh lebih dari 8)
  4. Mending langsung contoh soal aja : Konfigurasi elektron 35Br = 2, 8, 18, 7 Konfigurasi elektron 40Ca = 2, 8, 18, 8, 2 Konfigurasi elektron 11Na = 2, 8, 1

Hubungan Valensi Dengan Posisi Unsur Dalam Tabel Periodik Unsur-unsur

Elektron valensi adalah jumlah elektron yang terletak pada kulit terakhir. Dalam konfigurasi elektron dengan cara ini, jumlah kulit menyatakan periode, dan jumlah elektron valensi menyatakan golongan.

Misalnya untuk konfigurasi Magnesium, 12Mg = 2, 8, 2 artinya Magnesium memiliki 3 kulit, dan elektron valensinya adalah 2, hal ini berarti unsur Magnesium terletak dalam periode 3 golongan IIA.

Konfigurasi aluminium, 13Al = 2, 8, 3 artinya Aluminium memiliki 3 kulit dan elektron valensinya adalah 3, berarti unsur Aluminium terletak pada periode 3 golongan IIIA.

Konfigurasi Klorin 17Cl = 2, 8, 7 artinya Clorin memiliki 3 kulit dan elektron valensinya adalah 7, berarti Chlorin terletak dalam periode 3 golongan VIIA.

Konfigurasi Kalium 19K = 2, 8, 8, 1 artinya Kalium memiliki 4 kulit dan elektron valensinya adalah 1, berarti Kalium terletak dalam periode 4 golongan IA.

Mudah kan? Sayangnya konfigurasi ini hanya dapat digunakan untuk menunjukkan posisi golongan A atau golongan utama, konfigurasi dengan cara ini tidak dapat digunakan untuk menunjukkan posisi unsur golongan B atau golongan transisi dan golongan lantanida dan aktanida dalam tabel periodik unsur-unsur. Atas kekurangan ini, para ilmuwan membuat konfigurasi elektron dengan cara yang baru yang lebih universal, artinya konfigurasi ini dapat digunakan untuk menyatakan posisi semua unsur dalam tabel periodik, baik golongan A, golongan B, golongan lantanida maupun golongan aktanida. Kita akan membahas konfigurasi elektron berdasarkan bilangan kuantum pada artikel berikutnya, Jika ada yang mengalami kesulitan belajar kimia, silahkan tanyakan kesulitannya di kolom komentar, saya akan berusaha menjawab secepatnya. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait



13 comments:

Anonymous said...

!!!!!!!!!!!!!! fck. This' harddddddddddddddddddd.

Anonymous said...

Yeah..I almost understand this \m/

Anonymous said...

Understood! thaaaanks.

Anonymous said...

seperti apakah konfigurasi elektron yang baru di buat oleh para ilmuan yang dapat digunakan untuk menyatakan posisi semua unsur dalam tabel periodik....??

thanks before :)!!

Anonymous said...

Nih Baru I Understand

Anonymous said...

gimana cara membuat konfigurasi elektron dan sistem periode

Rasjo. aparat said...

kontol apa yang gede ?

Anonymous said...

lumayan mudah

Anonymous said...

susaaaaaahhhhhhh

cEweQ waNnA bE said...

digunakan untuk apa sech konfigurasi elektron itu?? bingug dech aku pikir@

Honey Dzikri M said...

maaf tp nomor atom Ca itu 20 -_-

AnaPrivat said...

To : Honey Dzikri M. Terimakasih koreksinya.

Winner Salim said...

Private Course
Mathematics Matematika, Physics Fisika, Chemistry Kimia, Accounting Akuntansi, English , Finance.
National n International school, Cambridge, IGCSE, Singapore Math, SAT, GMAT, UAN, TPA.

Tutor pengalaman dan menyenangkan

(0812-8819-7407)

Post a Comment