Mesin Pencari




Sifat Anomali Air Pada Suhu 0-4 Derajat Celsius

Sifat anomali air

Air memang misterius, air bisa menjadi sumber kehidupan, tetapi juga sebaliknya air bisa menjadi sumber bencana. Tetapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini. Kita akan membahas salah satu sifat khas air yang tidak dimiliki oleh zat lain atau yang dikenal dengan sifat anomali air dalam fisika. Misteri air terungkap ketika para ilmuwan fisika mempelajari tentang suhu dan kalor. Mereka mengamati, bahwa semua zat akan memuai jika dipanaskan. Tetapi air mempunyai keanehan dalam hal ini. Air ternyata malah menyusut jika dipanaskan dari suhu 0 ke 4 derajat Celsius.

Ketika air menyusut massa air tetap, sedangkan volumenya berkurang, sehingga massa jenis air akan bertambah. Ingat massa jenis = massa/volum. Sifat anomali air adalah keanehan air yang menyusut ketika dipanaskan antara suhu 0 sampai 4 derajat Celsius. Massa jenis air terbesar diperoleh pada suhu 4 derajat Celsius, karena pada suhu ini air memiliki volum yang paling kecil. Lihat bagan / tabel Volume-Suhu disamping. Jika air didinginkan dari 4 derajat Celsius ke 0 derajat Celsius maka volume air akan mengembang. Semakin menuju ke 0 derajat celsius, semakin kecil masa jenis air. Inilah salah satu jawaban, kenapa es mengapung di air. Jadi es mengapung di air kerena massa jenis es lebih kecil dari massa jenis air. Ingat tentang teori Archimedes yang mengatakan bahwa zat yang memiliki massa jenis lebih kecil dari air akan mengapung di air, zat yang memiliki massa jenis sama dengan massa jenis air akan melayang dan zat yang memiliki massa jenis lebih besar dari air akan tenggelam.

Pada postingan berikutnya kita akan bahas tentang keuntungan anomali air untuk kehidupan laut seperti ikan dan tumbuh-tumbuhan laut. Kenapa ikan dan makhluk hidup di laut dapat bertahan hidup pada saat permukaan laut atau danau membeku dimusim dingin. Sifat anomali air juga merupakan bukti keagungan Sang Maha Pencipta. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait



20 comments:

Anonymous said...

"Ketika menyusut massa air tetap, sedangkan volumenya berkurang, sehingga massa jenis air akan berkurang".
Bukan "berkurang", tapi bertambah.

Anonymous said...

"Jika air didinginkan dari 4 derajat Celsius sampai 4 derajat Celsius maka air akan mengembang."
Seharusnya dari 4 derajat Celsius sampai 0 derajat Celsius

bimbingan belajar said...

Terima kasih koreksinya, salah ketik kemarin.

Anonymous said...

kalo es di kutub(selatan/utara)mencair,ap benar permukaan air laut di bumi akan bertambah?mengingat adanya sifat anomali air ini..
mohon pencerahannya..
terimakasih..
jawabnya kirim ke email ya..
betong_ezpero@yahoo.com
makasih..

Anonymous said...

es2 di kutup itu(gletser) jauh lebih tinggi dr permukaan air laut.Sehingga jika semua cair,maka permukaan air laut akan naik.

faiz dzulfiqar said...

kunjungi www.blogsendiri.co.cc

Anonymous said...

kalo boleh tau, info ini dapet dari mana ya? tolong cantumkan daftar pustakanya
trims.. :)

Anonymous said...

siappa yang nemuin anomali air ?

Mata said...

kenapa anomali air itu terjadi pada suhu 0 - 4 derajat celcius ? kenapa ga pada suhu 10 derajat atau 100 derajat aja .
tolong penjelasannya .
sudah di cari ke mana2 tapi tetep ga ada .
terimkasih .

Anonymous said...

mksh yoooooooooooooooo

Anonymous said...

thank's,
atas infonya

Anonymous said...

knp ada anomali air?? -_-

Alifia said...

trimakasih atas ilmunya

Anonymous said...

terima kasih penjelasannya

ilham said...

koeoeoekeeokekeoekoekoekeoekoe

ilham said...

i love nadya forever toogether

Anonymous said...

aku suka anomali aer,padahal tidak muddeng suer...
Menciut dan memanjang apa??atau ??

Anonymous said...

Tapi ingat saat suhu mulai semakin rendah dari4-0 maka volume mulai naik lagi maka masa jenisnya makin berkurang

Unknown said...

Soalnya pada suhu 4 ikatan hidrogen dalam air terikat tidak berubah atau putus dan nyambung lagi..berbeda pada saat kondisi kamar...hal tersebut dikarenakan ada vibrasi dr fonon

SDW said...

Maaf ni sebelumnya, bisa tolong jelaskan, lagi ngapa air pada suhu 0-4 itu menyusut? Dan pada 4-100 memuai? Sedangkan setau aku jika menyusut itu berkurang dan memuai itu bertambah. Nah bukanya pada saat 0-4 air itu akan beku? Dan setau aku air es itu juga masih air, nah mengapa dikatakan berkurang? Dan memuai itu bertambah, secara logika aku saat kita masak air kan suhunya di atas 4 derajat, airnya lama lama berkurang buakn bertamah.ngapa diartikel diatas dikatakan bertambah?? Terimakasih sebelumnya.

Post a Comment