Mesin Pencari




Bocoran Ujian Nasional 2009/2010 Beredar Bebas

Kekhawatiran saya tentang bocornya ujian nasional 2009/2010 benar-benar terjadi. Tetapi saya tidak kaget, karena hal bocornya ujian nasional sudah terjadi sejak ujian nasional 2004. Bocoran ujian nasional 2009/2010 beredar melalui beberapa media. Ada yang memberikan jawaban lewat SMS, ada yang menjual kunci jawaban ujian nasional, dan beberapa modus lain. Ujian nasional untuk SMA, SMK dan SMP semuanya mengalami kebocoran. Saya mendapat informasi bocornya ujian nasional dari beberapa pelajar dari berbagai sekolah yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar di ANA PRIVAT. Saya merasa sedikit beruntung, karena apa yang saya tanamkan kepada peserta didik di ANA PRIVAT, mereka laksanakan dengan baik, walaupun mereka mendapatkan bocoran kunci jawaban ujian nasional, tetapi mereka sama sekali tidak menggunakannya.

Salah satu perserta bimbingan belajar di ANA PRIVAT yang mengakui adanya bocoran adalah Dharmaviro, pelajar kelas XII IPS di Pembangunan Jaya Bintaro. Menurutnya dia mendapat bocoran kunci jawaban ujian nasional dari temannya, menurutnya temannya membeli kunci jawaban tersebut dari orang yang katanya dapat dipercaya, karena orang tersebut juga menjual kunci jawaban ujian nasional tahun lalu. Peserta lain yang mengatakan adanya kebocoran ujian nasional adalah Tieneke, siswa SMA 70 kelas XII IPA. Tetapi dia tidak menjelaskan dari mana ia mendapat kunci jawaban, yang jelas menurutnya dia mengatakan, "Dari mana-mana" ketika saya bertanya dapat dari mana kunci jawaban ujian nasional? Kemudian Andrew, siswa SMA Al-Azhar BSD kelas XII IPA, dia mengatakan bahwa teman-temannya juga mendapat kunci jawaban ujian nasional. Selain itu Davina, siswa SMA 90 juga mengatakan hal yang sama. Masih ada lagi pengakuan dari beberapa siswa yang lain.

Hal ini menggambarkan betapa bobroknya pelaksanaan ujian nasional kali ini. Semua harus diusut tuntas. Dimanakah letak kebocoran ujian nasional, apakah di percetakan, ataukah di sekolah, atau dirayon tempat menyimpan soal ujian nasional sementara. Mengusut bocornya ujian nasional memang cukup sulit, tetapi menjaga agar ujian nasional tidak bocor, itu lebih mudah dilakukan. Jika pemerintah memang serius, pemerintah dapat melakukan pengawasan ketat dibeberapa titik rawan kebocoran. Jika menjaga soal ujian nasional dari kebocoran saya tidak bisa, bagaimana menjaga uang negara agar tidak dikorupsi? Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Ujian Nasional 2009/2010 Dan Korupsi

Ujian Nasional yang akan dilaksanakan tanggal 22 Maret 2010 hendaknya dapat dilaksanakan dengan jujur. Jangan lagi terulang kejadian-kejadian seperti tahun lalu dimana banyak bocoran ujian nasional disana-sini. Saya mendengar juga ada pihak yang menjual jawaban ujian nasional dengan harga 3juta rupiah per mata pelajaran. Ada jawaban yang bertebaran melalui SMS. Kejadian ini membuat para peserta didik menjadi malas belajar dan tidak ada rasa was-was sedikitpun menghadapi ujian nasional. Bukan karena mereka sudah bisa mengerjakan soal, tetapi karena mereka yakin ada pihak-pihak yang akan membantu untuk mereka lulus ujian nasional. Mereka begitu yakin ada bocoran ujian nasional yang akan mereka peroleh sehingga tingginya standard kelulusan ujian nasional tahun ajaran 2009/2010 tak membuat mereka terpecut untuk mempelajari soal-soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya.

Peran pihak independen yang mengawasi ujian nasional seakan tidak ada. Tidak ada yang melaporkan adanya kecurangan dalam ujian nasional, jika ada pun kasusnya akan bocor dan menguap seperti bocornya soal ujian nasional. Lalu untuk apa diadakan standar kelulusan yang begitu tinggi, untuk apa ada ujian nasional, untuk apa pemerintah harus mengeluarkan dana yang begitu besar jika pelaksanaan ujian nasional seolah hanya sebagai sandiwara belaka. Saya termasuk yang tidak setuju diadakannya ujian nasional. Selain karena memang dunia pendidikan kita belum siap, hal ini juga sebenarnya membebani siswa. Tapi anehnya, beban siswa yang begitu berat akhirnya dipikul bersama sehingga anak yang tidak bisa berhitung sekalipun mendapatkan nilai yang cukup bagus untuk mata pelajaran Matematika.

Jika ujian nasional 2009/2010 dilaksanakan seperti tahun lalu, dimana ada upaya-upaya dari pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan nama berusaha untuk meluluskan mereka yang seharusnya tidak lulus, maka masa depan bangsa ini akan semakin suram. Betapa tidak, Indonesia yang sedang gencar-gencarnya melakukan pemberantasan korupsi, berarti sedang menggalakkan kejujuran. Tetapi dunia pendidikan yang seharusnya dijadikan sarana untuk menanamkan kejujuran, justru harus mengajarkan ketidakjujuran kepada para siswanya gara-gara adanya ujian nasional. Jika seperti ini terus, bukan tidak mungkin, negara kita akan semakin hancur, korupsi akan terus meraja lela. Agenda pemberantasan korupsi yang dikoarkan dimana-mana, hanyalah isapan jempol. Semoga ujian nasional tahun 2009/2010, dapat dilaksanakan dengan jujur. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Sifat Anomali Air Pada Suhu 0-4 Derajat Celsius

Sifat anomali air

Air memang misterius, air bisa menjadi sumber kehidupan, tetapi juga sebaliknya air bisa menjadi sumber bencana. Tetapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini. Kita akan membahas salah satu sifat khas air yang tidak dimiliki oleh zat lain atau yang dikenal dengan sifat anomali air dalam fisika. Misteri air terungkap ketika para ilmuwan fisika mempelajari tentang suhu dan kalor. Mereka mengamati, bahwa semua zat akan memuai jika dipanaskan. Tetapi air mempunyai keanehan dalam hal ini. Air ternyata malah menyusut jika dipanaskan dari suhu 0 ke 4 derajat Celsius.

Ketika air menyusut massa air tetap, sedangkan volumenya berkurang, sehingga massa jenis air akan bertambah. Ingat massa jenis = massa/volum. Sifat anomali air adalah keanehan air yang menyusut ketika dipanaskan antara suhu 0 sampai 4 derajat Celsius. Massa jenis air terbesar diperoleh pada suhu 4 derajat Celsius, karena pada suhu ini air memiliki volum yang paling kecil. Lihat bagan / tabel Volume-Suhu disamping. Jika air didinginkan dari 4 derajat Celsius ke 0 derajat Celsius maka volume air akan mengembang. Semakin menuju ke 0 derajat celsius, semakin kecil masa jenis air. Inilah salah satu jawaban, kenapa es mengapung di air. Jadi es mengapung di air kerena massa jenis es lebih kecil dari massa jenis air. Ingat tentang teori Archimedes yang mengatakan bahwa zat yang memiliki massa jenis lebih kecil dari air akan mengapung di air, zat yang memiliki massa jenis sama dengan massa jenis air akan melayang dan zat yang memiliki massa jenis lebih besar dari air akan tenggelam.

Pada postingan berikutnya kita akan bahas tentang keuntungan anomali air untuk kehidupan laut seperti ikan dan tumbuh-tumbuhan laut. Kenapa ikan dan makhluk hidup di laut dapat bertahan hidup pada saat permukaan laut atau danau membeku dimusim dingin. Sifat anomali air juga merupakan bukti keagungan Sang Maha Pencipta. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Matematika Dasar Dari Seluruh Ilmu Pengetahuan

Matematika merupakan dasar ilmu pengetahuan sehingga Matematika biasanya menjadi tolak ukur kemampuan seseorang. Hal ini bukan berarti bahwa seseorang harus menguasai seluruh bab tentang Matematika untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi seseorang harus menguasai prinsip-prinsip dasar Matematika terutama Operasi Matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan dan pengakaran. Bahkan kalau boleh dibilang, di era teknologi seperti sekarang ini, seseorang tidak perlu menguasai dengan mahir operasi Matematika, tetapi hal yang lebih mendasar lagi adalah cara kerja dari operasi-operasi Matematika tersebut.

Tetapi menurut pengamatan kami terhadap beberapa peserta didik di lembaga bimbingan belajar dan privat ANA PRIVAT masih banyak para pelajar tingkat menengah yang belum menguasai prinsip dasar operasi-operasi Matematika. Misalnya apakah sebenarnya penjumlahan dan bagaimana cara kerjanya. Kenapa 2 x 3 = 6? Bagaimana mendapatkan angka 9 dari 3 pangkat 2 dan berbagai operasi dasar lainnya. Jangankan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih banyak yang belum paham. Kapan suatu operasi menghasilkan bilangan negatif misalnya. Kenapa penjumlahan pecahan penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu dan lain-lain.

Kalau dasar-dasar operasi Matematika seperti ini tidak mereka kuasai, maka dapat dipastikan mereka tidak akan menguasai pelajaran eksak dengan baik. Bahkan bukan hanya itu, ilmu eksak juga banyak diaplikasikan dalam ilmu-ilmu sosial. Terutama dalam hal logika penyelesaian suatu masalah. Prinsip dasar operasi-operasi Matematika merupakan hal terpenting dalam mempelajari ilmu pengetahuan. Penguasaan algoritma penyelesaian suatu persoalan Matematika menjadi kunci keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu. Sayangnya banyak orang tua yang tidak menyadari akan bahwa Matematika adalah dasar dari seluruh Ilmu Pengetahuan.

Entah apa yang salah dalam dunia pendidikan kita, saya sendiri masih bingung memikirkan kenapa pelajar tingkat menengah tidak menguasai operasi Matematika untuk tingkat sekolah dasar? Kenapa mereka bisa lulus sekolah dasar? Saya jadi berpikir lebih jauh lagi tentang apa gunanya ujian nasional? Saya tak habis pikir. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share