Mesin Pencari




Pelecehan Lambang Negara Melalui Logo T-Shirt Studded Eagle

Dunia maya dihebohkan oleh munculnya karya desainer kenamaan asal Italy, Giorgio Armani yang menampilkan T-shirt berlogo mirip burung Garuda. Dalam T-Shirt Studded Eagle yang di design Giorgio Armani, terdapat gambar yang mirip sekali dengan gambar burung Garuda, lambang negara Republik Indonesia tercinta. Yang membedakan hanyalah lambang kepala banteng yang diganti dengan huruf A dan lambang pohon beringin yang diganti dengan huruf X oleh Armani. AX disini berarti Armani Exchange.

Sebagai orang Indonesia saya merasa risih dengan pelecehan lambang negara melalui logo kaos ini. Lambang negara merupakan sesuatu yang sakral dan tidak boleh ada yang mengubahnya. Giorgio Armani ini adalah orang Italy yang menjunjung tinggi hak orang lain, apalagi ini adalah hak negara. Tidak sepatutnya Giorgio Armani melakukan hal tersebut.

Pembuatan kaos berlogo mirip burung Garuda itu merupakan bentuk penghinaan terhadap suatu karya. Dan dalam hal ini adalah penghinaan terhadap suatu bangsa. Yah, setidaknya itu opini saya, karena saya tidak tahu batas-batas sejauh mana sebuah karya dalam hal ini lambang negara boleh dimodifikasi atau tidak. Adakah undang-undang yang mengatur tentang hal tersebut?

Silahkan Anda baca Logo T-shirt Studded Eagle Mirip Burung Garuda. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Video Trik Bermain Rubik Cube / Magic Cube

rubik cube / kotak ajaib / magic cube
Sebelum Anda melihat video trik bermainan rubik cube, perkenankan saya bercerita sedikit tentang rubik. Bermain rubik memang menyenangkan, apalagi kalau sudah mengetahui trik bermain rubik cube dengan cepat. Rubik cube / kotak rubik adalah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan arsitektur Hungaria yang bernama Erno Rubik. Saya biasanya menamakan rubik sebagai kotak ajaib. Makanya permainan ini disebut sebagai permainan rubik karena penemu rubik adalah Erno Rubik. Rubik cube adalah gabungan kubus-kubus kecil (ada 26 buah), yang terdiri dari 9 warna, yang disusun menjadi sebuah kubus yang besar. Cara bermain rubik cube adalah dengan membuat warna yang sama pada pada satu sisi kubus besar.

Pada tahun 1980 rubik dipasarkan ke Eropa dan Amerika, permainan rubik cube menjadi permainan paling laris sepanjang masa, karena terjual lebih dari 300 juta rubik. Semula rubik hanya terdiri dari rubik 3x3. Tapi sekarang sudah dibuat rubik 4x4, dan rubik 5x5. Di Indonesia permainan ini sudah cukup populer. Rekor tercepat menyelesaikan rubik di Indonesia adalah 19.33 detik dicetak oleh Abel Brata Susilo pada acara ulang tahun MURI tanggal 31 Januari 2007.

Nah, bagaimana cara bermain rubik yang cepat. Silahkan lihat yang membongkar rahasia rubik. Silahkan Anda pelajari videonya, langsung praktek, nah kalau sudah lancar, anda bisa bermain turnamen rubik international lho, keren kan?. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Buku Panduan Proses Inpassing Bagi Guru Honor, Guru Swasta Dan PNS

Bagi teman-teman guru honor, guru swasta maupun guru yang sudah PNS yang ingin mengetahui proses inpassing, silahkan download buku panduan inpassing . Masih banyak teman-teman guru yang rancu dengan pengertian inpassing. Sebenarnya pengertian inpassing secara sederhana adalah proses penyetaraan gaji pokok bagi guru Non PNS yang sudah lulus sertifikasi. Karena guru yang sudah lulus sertifikasi berhak mendapat tunjangan profesi yang besarnya sama dengan gaji pokok terakhir guru tersebut. Untuk lebih detailnya silahkan baca kelanjutan ulasan tentang inpassing dan sertifikasi bagi guru non PNS.

Menjadi PNS merupakan impian bagi hampir semua guru. Dan dalam upaya pemerintah memajukan kualitas masyarakat Indonesia, pemerintah berupaya meningkatkan kualitas guru salah satunya melalui revitalisasi kinerja guru dengan meningkatkan kualifikasi sesorang yang ingin menggeluti profesi sebagai guru. Seorang guru harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai tenaga pengajar. Hal ini merupakan implementasi dari Undang-undang no 14 Tahun 2005, jika ingin membacanya silahkan . Dan juga merupakan implementasi dari Peraturan pemerintah No 19 Tahun 2005, jika ingin membacanya juga silahkan .

Kualifikasi akademik dan kompetensi guru sebagai agen pembelajaran diantaranya guru minimal harus berijasah S-1 atau D-IV, dan guru juga harus memenuhi tuntutan profesionalisme melalui jalur sertifikasi.

Sertifikasi profesionalisme guru memiliki beberapa tujuan diantaranya :
  • Menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran
  • Meningkatkan profesionalisme guru
  • Meningkatkan proses dan hasil pendidikan
  • Mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional
  • Meningkatkan kesejahteraan guru

Guru yang lulus sertifikasi dinyatakan sebagai guru yang profesional dan guru tersebut berhak untuk mendapatkan penghargaan berupa tunjangan profesi yang senilai dengan gaji pokok terakhir guru tersebut sesuai dengan kepangkatannya. Bagi guru PNS tentunya peraturan ini sudah jelas karena guru PNS memiliki gaji pokok yang jelas, tetapi bagi guru Non PNS hal ini menjadi masalah karena gaji pokok guru Non-PNS bervariasi. Untuk itu ada penyetaraan gaji pokok guru NON PNS yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 47 Tahun 2007 tentang inpassing dan jabatan fungsional guru, bagi yang ingin membacanya silahkan .

Sertifikasi berlaku bagi semua guru, baik guru honor/guru swasta (guru non PNS) maupun guru yang sudah PNS yang memenuhi kriteria seperti yang tertulis dalam Peraturan Menteri No 18 Tahun 2007 tentang sertifikasi. Kalau mau membacanya silahkan .

Persyaratan Inpassing Bagi Guru Non PNS :

1. Guru tetap yang mengajar satuan pendidikan pada sekolah yang telah memiliki ijin dari operasional dari dinas pendidikan kabupaten atau dinas pendidikan propinsi.
2. Memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV
3. Masa kerja sekurang-kurangnya 2 tahun dan mengajar satuan pendidikan sesuai kualifikasinya.
4. Usia maksimal 59 tahun
5. Memiliki NUPTK yang dikeluarkan oleh PMPTK

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan secara ringkas seperti ini :
1. Guru honor/guru swasta/guru Non PNS maupun guru PNS, boleh mengikuti sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat guru yang profesional.
2. Guru yang sudah lulus sertifikasi berhak mendapatkan tunjangan fungsional yang besarnya sesuai dengan gaji pokok terakhir. Bagi guru Non PNS besarnya tunjangan profesi ditentukan melalui proses inpassing.
3. Guru yang belum lulus sertifikasi boleh mengikuti inpassing, hal ini bertujuan nanti jika guru tersebut lulus sertifikasi, maka guru tersebut sudah memiliki ketetapan tunjangan profesinya.
4. Guru yang lulus inpassing tetapi belum lulus sertifikasi, belum mendapat tunjangan profesi, sampai guru tersebut lulus sertifikasi.

Demikian ulasan sederhana dari saya tentang inpassing dan sertifikasi, semoga dapat membantu anda dalam memahami pengertian inpassing, proses inpassing, pengertian sertifikasi dan proses sertifikasi. Jika ada pemahaman saya yang salah silahkan berikan koreksi Anda di kolom komentar. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Manda Ibu Yang Kejam Bunuh Anak Semata Wayang

Sungguh tragis nasib yang di alami Anisa. Anak semata wayang berusia 2,5 tahun yang terlahir dari seorang Ibu bernama Manda. Anisa dibekap oleh ibunya sampai akhirnya meninggal dunia. Anisa mati dibunuh ibunya sendiri. Manda tega membunuh anaknya sendiri gara-gara Anisa tak berhenti menangis. Padahal secara logika, bagaimana Anisa mau berhenti menangis kalau terus disiksa. Mulut Anisa dibekap oleh Manda selama setengah jam, sampai akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Sebelum meninggal Manda berulang kali menampar pipi putri semata wayangnya itu. Bahkan tetangga Manda bercerita, bahwa kejadian seperti itu sudah sering mereka saksikan. Pernah tetangganya mendapati leher Anisa seperti bekas dicekik, tetangganya itu kemudian bertanya, dan Manda dengan enteng menjawab ia memegang leher Anisa kemudian membalikkan tubuh Anisa.

Manda sempat panik, dan menelpon suaminya Safrudin yang sedang berjualan sate. Suaminya langsung pulang dan mendapati anaknya sudah terkulai dan dari mulut mengeluarkan darah. Safrudin langsung membawa anaknya ke rumah sakit Husada, tetapi nyawa Anisa tak lagi tertolong.

Ibu yang seharusnya menjadi tempat berlindung bagi anak-anaknya, menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anaknya, menjadi tempat bersandar disaat sang anak mengalami kesulitan, tetapi Anisa anak yang malang, harus mati ditangan Ibunya sendiri. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Bus Ade Bayor Ditembaki, Timnas Togo Diserang Geng

Bus Ade Bayor Ditembaki geng bersenjata ketika rombongan bus yang ditumpangi Ade Bayor bersama Timnas Togo sedang melakukan perjalanan ke Angola, tempat digelarnya Piala Afrika. Akibat penyerangan bus Ade Bayor tersebut, 1 orang tewas dan 9 orang lainnya terluka. Ade Bayor yang shock dan terus menangis mengatakan kemungkinan Togo akan mengundurkan diri dari perhelatan Piala Dunia.

Iring-iringan Bus Timnas Togo diserang saat melintasi Provinsi Cabinda. Para pemain harus merunduk ke lantai bus dengan wajah penuh ketakutan. Penyerangan terjadi selama 30 menit. Dua pemain timnas Togo, kiper Kodjovi Obilale dan bek Serge Akakpo menjadi korban yang terluka akibat penyerangan yang dilakukan oleh geng yang menggunakan penutup kepala.

Keprihatinan Adebayor atas keamanan di Angola bergema di seluruh dunia, namun panitia penyelenggara mengatakan turnamen itu akan tetap berlangsung. Mereka meminta jadwal perjalanan semua tim untuk mempersiapkan keamanan. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Umat Muslim Di Malaysia Marah

Keputusan pengadilan Malaysia yang memperbolehkan kata 'Allah' untuk majalah mingguan khusus untuk umat non Muslim membuat Umat Muslim Di Malaysia Marah. Setelah pengadilan memperbolekan kata 'Allah' digunakan oleh umat non Muslim, kemarin hari Jumat, 8 Januari 2010 dini hari, tiga gereja di Malaysia diserang oleh sekelompok orang. Diduga mereka melakukan pengrusakan gereja karena kecewa terhadap keputusan pengadilan. Tetapi PM Malaysia, Najib Tun Rizak menyerukan bahwa rakyat Malaysia jangan asal menuduh siapa yang melakukan pengrusakan, walaupun Najib juga mengutuk perbuatan tersebut. Najib meminta keamanan di rumah-rumah ibadah semakin ditingkatkan.

Hari ini penyerangan terhadap gereja kembali terjadi di Malaysia. Dua bom dilempar ke gereja Lutheran Domba Allah di Petaling Jaya pada Sabtu (9/1/10) pagi. Tetapi lemparan bom hanya mengenai dinding gereja. Tak ada kerusakan parah yang ditimbulkan. Uskup Loke mengatakan, umat gereja Lutheran menemukan dua bekas kebakaran didinding gereja selain itu ditemukan juga serpihan kaca di lantai. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Regional III

Untuk melengkapi tulisan sebelumnya tentang daftar PTN regional I dan daftar PTN regional II berikut saya tulisan daftar Perguruan Tinggi Negeri pelaksana SNMPTN 2010 di regional III. Jumlah Perguruan Tinggi Negeri regional III yang saya ketahui ada 21.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Regional III

1. UNeSa : Universitas Negeri Surabaya - Surabaya
2. ITS : Institut Teknologi Surabaya - Surabaya
3. UnAir : Universitas Airlangga - Surabaya
4. UTM : Universitas Trunojoyo - Madura
5. UM : Universitas Negeri Malang - Malang
6. UniBraw : Universitas Brawijaya - Malang
7. UneJ : Universitas Jember - Jember
8. UnUd : Universitas Udayana - Denpasar
9. Unram : Universitas Mataram - Mataram
10. UNdana : Universitas Cendana - Kupang
11. UNM : Universitas Negeri Makassar - Makassar
12. UnHas : Universitas Hasannudin - Makassar
13. UnTad : Universitas Tadulako - Kendari
14. UnHalu : Universitas Halu Oleo - Palu
15. UNiMa : Universitas Negeri Manado - Manado
16. UnSRat : Universitas Sam Ratulangi - Manado
17. UnPati : Universitas Pattimura - Ambon
18. UnCen : Universitas Cendrawasih - Jayapura
19. UNiPa : Universitas Negeri Papua - Jayapura
20. IKIP Negeri Gorontalo - Gorontalo (Sulawesi Utara)
21. IKIP Negeri Singaraja - Bali

Jika ada yang mengetahui Perguruan Tinggi Negeri Regional III yang belum tercantum, silahkan tambahkan di kolom komentar, nanti tulisan ini akan saya update. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Regional II

Pada tulisan sebelumnya saya sudah menuliskan daftar perguruan tinggi negeri regional I, sekarang saya akan menuliskan Daftar Perguruan Tinggi Negeri pelaksana SNMPTN 2010 Regional II. Jika ada yang mau menambahkan Daftar Perguruan Tinggi Negeri Regional II silahkan tulis di kolom komentar dibagian bawah halaman ini.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Regional II

1. UnSoed : Universitas Jendral Soedirman - Purwokerto
2. UnNeS : Universitas Negeri Semarang - Semarang
3. UnDip : Universitas Diponegoro - Semarang
4. UNS : Universitas Sebelas Maret - Solo
5. UNY : Universitas Negeri Yogyakarta - Yogyakarta
6. UGM : Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta
7. UnPar : Universitas Palangkaraya - Palangkaraya
8. UnLam : Universitas Lambung Mangkurat - Banjarmasin
9. UnMul : Universitas Mulawarman - Samarinda

Tulisan berikutnya adalah daftar perguruan tinggi negeri regional III. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Regional I Pelaksana SNMPTN

Bagi anda pelajar SMA, sebentar lagi SNMPTN
(Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau yang dikenal sebelumnya sebagai SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) akan dilaksanakan. Pelaksanaan SNMPTN akan dilakukan serentak secara nasional. Sampai saat ini Perguruan Tinggi Negeri masih menjadi incaran. Nah, untuk membantu anda memilih Perguruan Tinggi Negeri, berikut saya tulis Daftar Perguruan Tinggi Negeri di masing-masing regional.

Daftar PTN Pelaksana SNMPTN Regioanal I

1. UnSyiah : Universitas Syiah Kuala - Nangroe Aceh Darussalam
2. UniMed : Universitas Negeri Medan - Medan
3. USU : Universitas Sumatra Utara - Medan
4. UNP : Universitas Negeri Padang - Padang
5. UnAnd : Universitas Andalas - Padang
6. UnRi : Universitas Riau - Pekan Baru
7. UnJa : Universitas Jambi - Pekan Baru
8. UnSri : Universitas Sriwijaya - Palembang
9. UniB : Universitas Bengkulu - Bengkulu
10. UniLa : Universitas Lampung - Tanjungkarang
11. UNJ : Universitas Negeri Jakarta - Jakarta
12. UI : Universitas Indonesia - Jakarta
13. UINJ : Universitas Islam Negeri Jakarta - Jakarta
14. IPB : Institut Pertanian Bogor - Bogor
15. UPI : Universitas Pendidikan Indonesia - Bandung
16. ITB : Institut Teknologi Bandung - Bandung
17. UnPad : Universitas Padjadjaran - Bandung
18. UTan : Universitas Tanjungpura - Pontianak

Untuk mencari informasi lainnya, silahkan gunakan fasilitas pencarian di bagian atas halaman ini. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Gerakan Green IT / Green Computing

Suhu bumi yang kian hari kian panas akibat effect rumah kaca akan sangat berbahaya jika tidak diperhatikan dari sekarang. Salah satu hal yang saat ini sedang populer adalah tentang green IT atau green computing. Namun pada prakteknya saat ini masih banyak yang belum memahami green IT boro-boro menjalankannya. Ada beberapa pihak dalam komputer dan semuanya mempunyai peran yang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama, yakni membuat sistem komputer yang ramah lingkungan. Ada pihak produsen dan pihak konsumen. Pihak produsen dalam hal ini bisa kita pecah lagi menjadi pihak produsen hardware dan produsen software. Sedangkan yang termasuk pihak konsumen adalah end user / pengguna akhir, di dalamnya ada pemerintah, perusahaan swasta, instasi, dan personal user.

1. Peran Produsen Dalam Gerakan Green IT

a. Produsen Hardware

Produsen hardware dituntut untuk dapat menciptakan hardware yang hemat energi untuk mengurangi penggunaan listrik dan juga handal. Mereka harus bisa memproduksi hardware yang memakan sedikit daya listrik. Dengan demikian diharapkan dapat mengurangi penggunaan minyak bumi dan mengurangi emisi CO2. Produsen hardware berperan besar dalam menyumbangkan emisi CO2, sehingga mereka juga seharusnya turut andil dalam gerakan green IT.

b. Produsen Software

Baik produsen software sistem operasi ataupun software aplikasi, harus dapat menggunakan algoritma yang singkat dan tepat. Hal ini berkaitan dengan waktu atau durasi penggunaan komputer oleh user. Algoritma yang tepat dan efektif serta efisien akan meminimalisir penggunaan energi. Para produsen software aplikasi juga harus dapat menciptakan software yang mampu menggantikan pekerjaan mesin-mesin yang menggunakan energi yang cukup besar. Selain itu mereka juga harus dapat membuat software atau program yang meminimalisir penggunaan kertas.

2. Peran Konsumen Dalam Gerakan Green IT

Konsumen dalam hal ini adalah pemerintah, perusahaan, maupun personal user.

a. Pemerintah

Pemerintah harus mulai membuat sistem yang terkomputerisasi dalam segala bidang. Pembenahan jaringan inter dan antar instansi. Selain hemat energi, hal ini juga akan membuat urusan menjadi semakin mudah dan mengurangi proses birokrasi yang berbelit. Misalnya pembuatan SIM atau KTP, kenapa tidak bersifat nasional? Maksud saya siapapun bisa membuat atau memperpanjang SIM dan KTP dimana saja dan kapan saja. Dengan sistem komputer hal demikian sangatlah mungkin. Jadi kita tak perlu membuang banyak bensin untuk pulang ke kampung halaman hanya untuk memperpanjang SIM atau KTP. Apalagi saat ini sudah mulai berjalan Kartu Kerluarga yang ber-NIK. Itu adalah contoh sederhana hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk ikut menggalakkan gerakan Green IT. Pemerintah juga harus mengusahakan sistem yang paperless.

Selain itu kesadaran para pegawai akan penghematan listrik juga masih kurang. Mereka sering meninggalkan komputer dalam keadaan hidup, padahal komputer itu tidak sedang digunakan.

b. Perusahaan

Di Indonesia masih banyak perusahaan yang belum terkomputerisasi. Sistem penggajian dan berbagai transaksi jual beli masih menggunakan kertas. Tentunya hal ini tidak sejalan dengan gerakan green IT dan gerakan pencegahan global warming. Belum adanya jaringan komputer baik dalam kantor maupun antar kantor dalam satu perusahaan masih menyumbangkan emisi CO2 yang cukup banyak. Berapa besar uang dan energi yang harus dibuang hanya masalah pengiriman data pada sebuah perusaan yang belum terkomputerisasi. Itu juga contoh sederhana betapa green IT di Indonesia masih belum diterapkan dalam banyak perusahaan.

c. Personal user

Sebagai user kita seyogyanya bijak dalam menggunakan komputer. Misalnya teliti sebelum menge-print atau mencetak. Ketidaktelitian kita sebelum melakukan pencetakan akan menyebabkan kita mencetak berulang-ulang dokumen yang sama. Selain pemborosan kertas, juga akan memperlama durasi penggunaan komputer. Matikan komputer jika tak digunakan. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Bimbingan Belajar Online Gratis SMA Kelas X, XII dan XII

Bagi Anda pelajar SMA, ada kabar gembira. Mulai hari ini dan seterusnya, ANA PRIVAT memberikan layanan bimbingan belajar online gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Materi bimbingan belajar online gratis ada 3 bidang studi yakni Matematika, Fisika dan Kimia. Namun karena bimbingan belajar dilakukan secara online, maka diperlukan keaktifan Anda. Bimbingan belajar online diperuntukkan untuk siapa saja, baik siswa, guru dan siapapun yang ingin belajar materi SMA, khususnya materi Matematika, Fisika dan Kimia.

Jadwal bimbingan belajar online / bimbel online di ANA PRIVAT bisa dilakukan kapan saja, tidak ada jadwal khusus. Medianya adalah kolom komentar dan Yahoo Messenger. Bagi peserta bimbel yang aktif, dapat melakukan bimbingan belajar melalui YM. Silahkan tinggalkan alamat YM Anda di kolom komentar. Kami akan menambahkan alamat YM Anda segera.

Bimbel online ini benar-benar gratis, Anda tidak dipungut biaya sepeserpun. Ini merupakan bentuk dedikasi ANA PRIVAT untuk para pelajar yang mempunyai kemauan kuat untuk belajar. Tidak ada yang sulit dalam semua pelajaran, yang ada adalah keengganan untuk belajar.

Cara Mengikuti Bimbingan Belajar Online Gratis

Cara mengikuti bimbingan belajar online gratis sangat sederhana, Anda cukup meninggalkan alamat Yahoo Messenger Anda di kolom komentar dibawah. Alamat YM Anda akan segera kami tambahkan, kemudian Anda dapat mengikuti bimbingan belajar gratis. Selamat bergabung. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share