Mesin Pencari




Kelajuan Dan Kecepatan (Besaran Skalar dan Besaran Vektor)

Pelajaran tentang kelajuan dan kecepatan merupakan pelajaran Fisika SMA kelas X semester I. Sebelum membahas tentang kelajuan dan kecepatan, terlebih dahulu kita mengingat tentang besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar adalah besaran yang hanya mempunyai nilai saja, tetapi tidak mempunyai arah. Besaran skalar selalu bernilai positif. Contohnya adalah panjang meja sekolah kita adalah 1 meter. Tidak mungkin panjang meja -1 meter. Contoh lain adalah luas. Pak Hary mempunyai tanah seluas 4 hektar. Tidak mungkin akan dikatakan Pak Hary mempunyai tanah seluas -4 hektar. Contoh besaran skalar yang lain selain panjang dan luas adalah kelajuan, jarak, volume, massa, suhu, waktu, jumlah zat, dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Sedangkan besaran vektor adalah besaran yang mempunyai nilai dan arah. Besaran vektor bisa bernilai negatif. Tanda negatif biasanya digunakan untuk menunjukkan arah. Contohnya adalah gaya. Sebagai contoh, Andi mendorong mobil dengan gaya 100 newton ke arah utara. Berarti jika Andi mendorong mobil ke arah selatan dengan gaya 100 newton, maka dikatakan Andi mendorong mobilnya dengan gaya -100 Newton. Contoh besaran vektor yang lain adalah Usaha, percepatan, perpindahan, kecepatan dan lain-lain.

Perpindahan dan Jarak

Seperti dijelaskan diatas, perpindahan merupakan besaran vektor sedangkan jarak merupakan besaran skalar. Yang perlu diperhatikan pada perpindahan hanyalah keadaan awal dan keadaan akhir. Sebagai contoh, jika Shinta berjalan lurus dari titik A ke titik B yang berjarak 100 meter dari titik A, diteruskan ke titik C yang berjarak 50 meter dari titik C, kemudian kembali lagi ke titik B. Maka dikatakan jarak yang ditempuh Shinta adalah :

S = Jarak AB + Jarak BC + Jarak CB
S = 100 m + 50 m + 50 m
S = 50 m

Dan perpindahan yang dilakukan Shinta dapat dijelaskan sebagai berikut. Semula Shinta berada dititik A, keadaan akhir Shinta berada dititik B. Jadi perpindahan yang dilakukan Shinta sama dengan jarak AB.

x = AB
x = 100 m.

Bagaimana sudah dapat membedakan antara jarak dan perpindahan?

Kelajuan dan Kecepatan

Juga telah dijelaskan di atas bahwa kelajuan merupakan besaran skalar dan kecepatan merupakan besaran vektor. Kelajuan dan kecepatan memiliki satuan yang sama yakni meter per sekon (m/s). Hal ini berarti keduanya memiliki rumus yang juga hampir sama, yakni besaran panjang dibagi besaran waktu.

Namun, karena kelajuan merupakan besaran skalar, maka nilai panjang diambil dari besaran skalar yakni, jarak. Oleh karena itu, kelajuan dihitung dengan rumus :

v = Jarak / waktu
v = S/t

Sedangkan kecepatan merupakan besaran vektor, maka nilai panjang diambil dari besaran vektor, yakni perpindahan. Oleh karena itu, kecepatan dihitung dengan rumus :

v = perpindahan / waktu
v = ∆x/t

Sebagai contoh, Shinta berjalan dari titik A ke titik B yang berjarak 100 m selama 7 detik dan diteruskan ke titik C yang berjarak 50 m dalam waktu 2 detik dan kembali lagi ke titik B dalam waktu satu 1. Hitunglah kelajuan dan perpindahan yang dilakukan oleh Shinta!

Jawab :

Jarak yang ditempuh Shinta
S = Jarak AB + Jarak BC + Jarak CB
S = 100 m + 50 m + 50 m
S = 200 m

Perpindahan yang ditempuh Shinta
∆x = Jarak AB
∆x = 100 m

Waktu yang ditempuh Shinta
t = waktu AB + waktu BC + waktu CB
t = 7 s + 3 s + 1 s
t = 10 s

Kelajuan rata-rata = Jarak total / waktu total
v = S/t
v = 200 m / 10 s
v = 20 m/s
Jadi kelajuan rata-rata yang dilakukan Shinta = 20 m/s

Kecepatan rata-rata = Perpindahan / waktu total
v = ∆x / t
v = 100 m / 10 s
v = 10 m/s

Demikianlah konsep jarak dan perpindahan dan kaitannya dengan kelajuan dan kecepatan. Semoga materi Fisika untuk SMA kelas X ini bermanfaat buat pembaca, khususnya bagi para pelajar siswa SMA kelas X. Kalau ada yang ingin berdiskusi, silahkan sampaikan materi diskusi anda dalam kolom komentar dibawah tulisan ini. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait



30 comments:

aku said...

kurang lngkap maksud dari

pepindahan,putaran,derajat,radian,kec.sudut rata rata,kec.sudut sesaat,percepatan,kec sudut,kelajuan,hubugan kec linear dan kec sudut apa???

Anonymous said...

aku sari,
tolong bantu hitung kalau jarak = 10 km dan waktu tempuh = 1 jam 30 menit , berapa kecepatannya pak ? terima kasih.

ana privat said...

Untuk sari :
Diketahui :
s = 10 km
t = 1 jam 30 menit = 1,5 jam
Ditanya : v=...
Jawab :
v = s/t
v = 10km/1,5jam = 6,67 km/jam

Anonymous said...

kalau : v = ? m/s
E.kinetik = ? J
massa = 60 kg
s = 20 m
F.total = 150 N

Bimbingan Belajar said...

@anonymous:

EK = W
EK = F.s
1/2mv^2 = F.s
v^2 = (2.F.s)/m
= (2.150.20)/60
= 100
v = 10 m/s

Anonymous said...

ak sendy kk bantu ak ya jika kelajuan sepeda 6m/menit berapa jarak yg di tempuh dalam waktu 360detik kk

ana privat said...

@sendy :
Diket : v = 6 m/menit
t = 360 detik = 360/60 = 6 menit
Ditanya : jarak = ...
Jawab jarak = v x t
= 6 x 6
= 36 meter

Anonymous said...

aku nurul :D
mau minta tolong dong ?
aku punya tugas ,
di minta , sebutin contoh besaran vektor dan besaran skalar masing-masing 20 .
ada yang bisa bantu g' ?



#thanks before

Izzam said...

Tolong Dibantu kk aku punya soal
VA = 20 Sudut 45 Derajat
VB = 25 Sudut 90 Derajat
VC = 20 Sudut 135 Derajat

Pertanyaan nya :
Tentukan

VD = VA + VB
VE = VB + VC
VF = VD + VE
VG = VA - VB

Tolong Dibantu Yah terima kasih sebelum nya

rogan said...

makasih atas infonya. tapi itu bukannya pelajaran kelas 7 ya

Anonymous said...

ribet woy-_-

rukmana said...

aku mau tanya tolong dihitungin ya
sebuah benda bergerak ke timur dengan kecepatan 4 m/s lalu dipercepat dengan percepatan 2 m/s. hitunglah kecepatan dan perpindahan yang ditempuh benda dalam waktu 5 sekon

Anonymous said...

jika sebuah perahu bergerak dengan kecepatan 2i-3j+4k satuan. Ternyata angin dengan kecepatan -1i+2j-k satuan mempengaruhi gerakannya dengan arah berlawanan.berapakah besra kecepatan perahu tersebut?

Unknown said...

ak hidayat aku mautanya vektor

ditanya r=40t i + (30-5t2 j)
tentukan perpindahan dan arah burung tersebut antara t = 3?

Unknown said...

vektor posisi seekor burung yg sedang terbang pada saat t dinyatakan oleh r=40t i + (30-5t2 j)
tentukan perpindahan dan arah burung tersebut antara t=1 dan t = 3?

Anonymous said...

tolong bikinin soal soal mengenai vektor sebanyak 15

Anonymous said...

da yg bsa bntu gx?? aq pnya tgas nie,, dcruh nentuin besar resultan!!! nie soalnya 2 buah vektor gaya masing" besarnya F1= 5N dan F2= 3N. Ternyata resultannya R=7N. Maka besar sudut apit antara F1 dan F2 ialah....

Anonymous said...

Assalamualikum...
Selamat Pagi.
Saya Aldi, Mohon bantuannya kak. Saya sudah mengerjakan beberapa dari soal di bawah ini. mohon jawabannya untuk koreksi.

# Vektor posisi partikel diberikan persaamaan :
r(t) + x. (t) i + y(t) j
dengan : x(t) = at + b
y(t) = ct2(kuadrat) + d
dengan : a= 1 m/s, b= 1m/s, c=1/8 m/s d= 1 m/s

pertanyaan:
a) tentukan vektor posisi n jrk partikell dri titik asal pada t= 2s
b) tentukan perpindahan dan kecepatan rata2 pda selang waktu. t=
0 sampai 2 sekon
c) turunkan persamaan umum
d) tentukan kecepatan dan kelajuan pada t= 2 sekon
e) mengapa jrak partikel pada A tidak sama dg perpindahan pada B
f) mengapa percepatan pada B tdk sama dg percepatan pada D.

Mohon bantuannnya Kak. Trimakasih..

AnaPrivat said...

Untuk Izam :
Tolong Dibantu kk aku punya soal
VA = 20 Sudut 45 Derajat
VB = 25 Sudut 90 Derajat
VC = 20 Sudut 135 Derajat

1. VD = VA + VB
VDx = VAx + VBx
= VA Cos 45 + VB Cos 90
= 20 cos 45 + 25 cos 90
= 20.1/2√2 + 0
= 10√2
VDy = VAy + VBy
= 20 sin 45 + 25 sin 90
= 20.1/2√2 + 25.1
= 10√2 + 25
VD = √(VDx^2 + VDy^2)
= √(10√2^2 + (10√2+25)^2)
= √(200 + 200+500√2+625)
= √(1025+500√2)
= 5√(41+500√2)
= 41.61

Untuk soal dibawah cara jawabnya sama, silahkan dicoba ya.

VE = VB + VC
VF = VD + VE
VG = VA - VB

AnaPrivat said...

Untuk Rukmana :

Dik : vo = 4 m/s
a = 2 m/s
Ditanya : a. v[5] ?
b. s[5] ?

Jawab : a. v = vo + ∫ a dt
v = 4 + ∫ 2 dt
v = 4 + 2t
v[5] = 4 + 2.5
= 4 + 10
= 14 m/s
b. s = so + ∫ v dt
s = 0 + ∫ 4 + 2t dt
s = 4t + t^2
s[5] = 4.5 + 5^2
= 20 + 25
= 45 m

AnaPrivat said...

Untuk anonymous :
jika sebuah perahu bergerak dengan kecepatan 2i-3j+4k satuan. Ternyata angin dengan kecepatan -1i+2j-k satuan mempengaruhi gerakannya dengan arah berlawanan.berapakah besra kecepatan perahu tersebut?

Jawab : V = Vp - Va
= [2i-3j+4k] - [-1i+2j-k]
= 3i-5i|+5k
|V|= √{3^2 + [-5]^2 + 5^2}
= √{9+25|+25}
= √59

AnaPrivat said...

Untuk Hidayat :

Dik r=40t i + (30-5t2 j)
Tentukan perpindahan dan arah burung tersebut antara t = 3?

Jawab : r[3] = 40[3] i + [30 - 5[3]^2] j
= 120 i - 15 j
|r[3]| = √{120^2 + [-15]^2}
= √14400+225
= √14625
= 120,93

Anonymous said...

hy aq dyah' aq mw minta tlng donk' bntuin q isi ny.
Soal>
sebuah benda bergerak dengn perzama.an perpndahn: s(t) =(6t2(kuadrat) + 6t)i + (2t2 + 3)j. (r dalam meter dan t dalam sekon). Pada sa.at t=3 skn, gerak trzbuT memiliki kelajuan sebesar. .

Unknown said...

tolong bantu jawab
seorang pemain basket melompat setinggi 1,3 m untuk memasukan bola ke keranjang basket. Berapakah kelajuanny ketika meninggalkan lantai?

Unknown said...

tolong bantu jawab
seorang pemain basket melompat setinggi 1,3 m untuk memasukan bola ke keranjang basket. Berapakah kelajuanny ketika meninggalkan lantai?

prince said...

Ini jawabanya apa .. sebuah bus melaju di jalan tol lurus . Selama 30 mnt pertama bus itu menempuh jarak 45km, 15 mnt kemudian menempuh jarak 15km , dan 15 mnt kemudian menempug jarak 20 km . Tentukan kelajuan rata rata bus itu

uswatunamina said...

pada saat servis, seorang pemain tenis berusaha agar bola terpukul horizontal. berapa kelajuan minimum yang dibutuhkan agar bola bisa melewati net setinggi 1 meter dan berjarak 15meter dari pemain, jika bola dipukul dari ketinggian 2,5 m?

Anonymous said...

suatu partikel yang bergerak sepanjang garis lurus dinyatakan dlm persamaan x:2tkuadrat -4t+8 dg x dalam m dan t dlm s.jarak yg ditempuh stlh menempuh waktu t:3s adalh...m

Unknown said...

dik:T=6s
A=10cm
y=5cm
dit:kelajuan(v)

hasilnya berapa???

Unknown said...

Membantu

Post a Comment