Mesin Pencari




Cara Belajar Eksak Mudah (Matematika, Fisika, Kimia)

Mungkin Anda sering sekali berpikir bahwa pelajaran eksak seperti Matematika itu susah. Banyak juga yang mengatakan Fisika atau Kimia merupakan pelajaran yang menjadi momok menakutkan. Dan bagi sebagian besar pelajar mereka mengatakan hal senada. Sebenarnya Matematika itu mudah, Fisika itu mudah dan Kimia itu mudah. Sebenarnya dalam belajar apapun kunci utama cuma satu yakni pemahaman bahasa. Bahasa merupakan kunci utama dalam memahami soal-soal ataupun materi yang disampaikan. Penguasaan kosakata akan semakin mempermudah proses belajar. Jadi kalau ada yang bilang bahwa Matematika itu sulit, itu dikarenakan mereka tidak paham dengan bahasa yang disampaikan.

Tips Mudah Belajar Pelajaran Eksak

  • Kuasai bahasa


  • Pahami istilah-istilah dalam Matematika, istilah-istilah dalam Fisika, istilah-istilah dalam Kimia. Sebagai contoh, hipotenusa, tegak lurus, sejajar, luas, volum, memuai, mengembun, meleleh, dan lain-lain. Istilah-istilah tersebut sebenarnya sering kita dengar bahkan sering kita pakai, tapi sebagian besar kita tidak paham artinya. Karena kita tidak paham artinya maka kita juga akan kesulitan dalam mengingat atau menentukan rumusnya.

  • Drill


  • Pengulangan terus-menerus akan membuat kita semakin paham akan bahasa dari soal, semakin paham akan bahasa dan kata-kata dalam soal, maka semakin hafal juga konsep yang ditepat untuk diterapkan untuk menyelesaikan soal sejenis.

  • Mengerjakan variasi soal


  • Sekali lagi ini hanya masalah bahasa, semakin baik penguasaan bahasa, maka soal variasi apapun akan dengan mudah diselesaikan. Misalnya banyak yang hafal (bukan paham) rumus keliling persegi panjang yakni K=2*(p+l), tetapi banyak yang tidak bisa menjawab kalau yang ditanyakan adalah panjang (p) atau lebar (l) nya.

  • Logika


  • Jika penguasaan bahasa bagus, maka logika atau penalaran dalam menyelesaikan soal juga akan bagus.


Jadi intinya, apapun yang kita pelajari yang terpenting adalah pemahaman bahasa. Yang kedua setelah pemahaman bahasa adalah kemauan. Tingkatkan kemauan dan semangat belajar. Paham tapi tidak memiliki kemauan untuk menyelesaikan soal-soal maka soal tidak akan terselesaikan. Terkadang kita sudah paham soal dan mengetahui cara mengerjakannya, tapi masih belum ketemu juga jawabannya, baru mencoba dua atau tiga kali sudah menyerah, padahal kemungkinan kesalahan jawaban dikarenakan ketidaktelitian dalam mengerjakan soal. Jadi setelah ada kemauan juga perlu ada ketelitian.

Dan hal yang sebenarnya sepele tapi sering terabaikan adalah masalah pemindahan ruas pada persamaan atau pertidaksamaan. Hal ini sebenarnya cuma menggunakan satu kalimat kunci yakni, "Tegakkan Keadilan". Maksud saya begini, kita harus melakukan hal yang sama pada masing-masing ruas persamaan. Sebagai contoh saya mengambil rumus keliling persegi panjang.

Contoh soal :

Ada soal seperti ini, sebuah lapangan berbentuk persegi panjang, dengan panjang 50 m, jika Rizuki berlari mengelilingi lapangan satu kali dan menempuh jarak 150 m, tentukan lebar lapangan tersebut.

Jawab :

Diketahui :
Keliling (K) = 150 m
Panjang (p) = 50 m
Ditanya : Lebar (l)
Jawab : K = 2*(p+l) (perhatikan tanda "=" merupakan batas ruas, ada ruas kiri dan ruas kanan), karena kita akan mencari lebar (l), maka kita harus menghilangkan angka 2 dan p.

Pertama hilangkan angka dua di bagi kedua ruas dengan angka 2 (ingat harus adil, jika ruas kanan dibagi 2 maka ruas kiri juga sama). Sehingga sekarang persamaannya menjadi

K/2 = p+l

Berikutnya kita harus menghilangkan p diruas kanan dengan cara mengurangkan dengan p (ingat p-p = 0), dan juga perlu diingat, kita harus adil jika ruas kanan dikurangkan dengan p maka ruas kiri juga harus dikurangkan dengan p, jadi persamaannya sekarang :

K/2 - p = l

Masukkan data yang diketahui :

150/2 - 50 = l
75 - 50 = l
25 = l

Jadi lebar lapangan adalah 25 m.

Semoga bermanfaat. Untuk share di facebook, klik icon facebok tombol di bawah.
Share

Artikel Terkait



20 comments:

amrikarisma said...

pusing dah anak IPS

Kudou Akatsuki said...

tuh soal untuk anak smp ato sma??
coba cntoh yang laen yang lebih susah kayak Energi Kinetik pada termodinamika...

Anonymous said...

Siip, bagus ntu! (y)
Sebenar.na belajar ilmu exact ntu mudah kok, tetapi kita.na saja yang terkadang malas mempelajarina, maka.na kita beranggapan ilmu exact ntu susah!
Hal-hal yg musti diperhatikan dalam belajar ilmu exact adalah :
1. Sukai dulu pelajaran yang kita pelajari, karena dg menyukai.na terlebih dulu, kita akan lebih cepat paham dalam mempelajari.na
2. Jangan belajar karena terpaksa, tetapi dibuat enjoy aja, karena keterpaksaan hanya akan membuat kita semakin linglung dan tak ada materi yang dapat masuk kedalam otak kita
3. Meditasi. Mwditasi merupakan upaya untuk menenangkan pikiran sebelun berperang dengan materi pelajaran dan bersangkut-paut dengan konsentrasi
4.Belajarlah sambil mendengarkan musik (contoh meditasi) yang dapat memberikan rasa tenang dan relax dalam belajar! Bagi yang merasa terganggu dengan musik dan menyukai ketenangan dalam belajar, sebaik.na tenangkan dulu pikiran dan fokus terhadap apa yang kita pelajari
5. Jangan belajar metode SKS, karena hanya akan membuat pikiran anda berantakan
6. Makan dan atau minumlah buah dan atau vitamin yang dapat meningkatkan kempuan berfikir otak, contoh.na EPA
7. Tidur. Tidur teratur dapat menenangkan syaraf yg kemudian siap untuk bekerja kembali
8. Bermain game. Mainkanlah game yang membutuhkan pikiran untuk memainkan.na, contoh : Minesweeper, Sudoku, dan banyak permainan logika lain.na
9. Keseriusan dan semangat belajar untuk mewujudkan impian/cita² kita selama ini
10. Pelajarilah ilmu exact! Kenapa? Sejujur.na IPA itu lebih mudah dan berkembang daripada IPS (maaf bagi yang berjurusan IPS :) ) Pada zaman sekarang ink, IPS tak semudah dulu! Kita seharus.na mempelajari IPS (Akuntansi), pada saat nanti ketika kita sudah siap untuk bekerja! Tetapi, sekarang IPA=IPS, dalam arti, IPA membutuhkan IPS, begitu pula kebalikan.na. Contoh : Pada masa mendatang, IPA juga harus mempelajari Geografi karena berhubungan dengan Biologi, Fisika, dan Kimia,, IPS juga perlu Biologi, Kimia, dan Matematika karena berhubungan dengan Geografi dan Ekonomi(Akuntansi)
Tapi jujur, persn Matematika itu sangat luas terhadap kehidupan, karena dimanapun kita berada, kita sebenar.na menerapkan ilmu Matematika yang menjurus pada pelajaran exact lain.na! Jadi, beginilah gambar penerapan Matematika : (Kimia, Fisika) IPA - MATEMATIKA - (Geografi, Ekonomi) IPS | Matematika ada di antara IPA dan IPS, jadi, Matematika itu formal, kan? Seperti Bahasa Indonesia dan Bahasa Ingris
Pelajaran IPS yang dibutuhkan anak IPA : Ekonomi(Akuntansi), Geografi, dan Sejarah
Pelajaran IPA yang dibutuhkan anak IPS : Biologi, Fisika, dan Kimia
Udah deh, yg penting sekarangnkalian semangat belajar sambil berdo'a saja, semoga cita² yg kalian impi²kan selama ini terwujud! AmIn! :)
"DO GOOD, BE THE BEST!"

Unknown said...

terkadang kalau mau belajar itu sangat malas dan sungkan, membacapun enggan, gimana tuh tipsnya? Kasih tau yaa???

Try Out Online said...

thanks for information

kita uji kemampuan dalm belajar kita yuuk di Try Out Online :)

Unknown said...

terimakasih atas infonya,jangan lupa mengunjungi alamat kami http:/www.unsri.ac.id

Fahmi Muhammad said...

thanks infonya...
kunjungi yaaa...http://kiatkiatsukses.blogspot.com/

Unknown said...

Thx info.na Kak ^^

Unknown said...

Thx info.na Kak ^^

Unknown said...

Ecsac maupun nonEcsac. semua penting di dunia. ada yang bakat ecsac ada juga yang bakat nonEcsac. dan itu juga pilihan hidup mereka jadi yang pertama harus di cantumin paling atas adalah; PILIH TUJUAN HIDUPMU

Della Aulia Salma said...

Bunuh rasa malas.. Kali aja ada setan yg nyuruh kita utk malas

any said...

tanks gan infonya

Unknown said...

makasih ka cara belajar mateatikanya keren ..

guru les kimia untuk anak said...

Saya setuju dengan cara belajar yang diterapkan. Dengan begitu proses pembelajaran fisika, kima dan matematika akan menjadi lebih mudah dan bisa dipahami serta dimengerti oleh anak yang belum memahaminya. Saya izin share ya ulasan ini agar banyak orang tua yang menyadari hal ini.

rudiharianto999@gmail.com said...

Mekanika fluida, is verry difficult.... !!!!!!

Anonymous said...

Cara belajar yang di terapkan sangat keren gan, apalagi mata pelajaran kaya fisika, kimia dan matematika sangat sulit untuk di pelajari gan.. infonya sangat membantu sekali gan, terimakasih

ummu hamzah said...

Bagaimana kalo menumbuhkan minat dan kesukaan ? Karena rata - rata ilmu eksak itu terkenal susah dan membingungkan. Bagaimana cara menyajikan materi yang menarik dan tidak kelihatan menyusahkan ?
Pintar Fisika

Blogger Pemula said...

Waduh, Gitu yah.... Kayanya terlalu Rumus Banget Deh
Gimana yah biar rumusnya itu gak bikin pusing di awal. Atau minimal menumbuhkan minat untuk belajar matematika dan fisika ?
Pintar Fisika

Apriadi Anggara kasih Nugroho said...

Contoh soal yg sederhana tapi tujuan nya baik, cara berfikir dalam memahami maksud soal dan menerjemahkan dalam bentuk matematika, penerapan prinsip matematika sangat penting, karena belajar kimia prinsip matematika baik begitupun fisika.

belajar biar pintar said...

waw serunya sepertinya untuk belajar matematika

Post a Comment